Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Membiasakan Diri Rajin Berolahraga

5 Cara Membiasakan Diri Rajin Berolahraga

Olahraga adalah aktivitas yang sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Olahraga tak hanya membuat badan menjadi segar dan bugar namun juga melancarkan sistem peredaran darah dan sistem metabolisme dalam tubuh. Bahkan, orang yang rajin berolahraga memiliki sistem imun yang lebih kuat. Oleh karena itu, membiasakan diri untuk rajin berolahraga merupakan hal yang penting. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membiasakan diri rajin berolahraga. Berikut ini 5 cara yang dapat dilakukan jika ingin membiasakan diri untuk rajin berolahraga.

1. Olahraga di sela-sela aktivitas sehari-hari
Padatnya aktivitas kadang memang membuat kita tak memiliki waktu khusus untuk berolahraga. Namun, tak berarti kita tak memiliki kesempatan untuk berolahraga bukan? Cobalah dengan melakukan olahraga dalam kegiatan kita sehari-hari. Misalnya, jika kita terbiasa ke ruang kerja menggunakan lift, coba mulai menggunakan tangga. Jika kita biasanya menggunakan kendaraan (motor) untuk membeli sesuatu, cobalah untuk berjalan kaki. Hal tersebut merupakan kebiasaan yang baik seperti olahraga. 

2. Bangun lebih pagi
Jika kita biasa bangun pagi maka kita memiliki waktu lebih di pagi hari. Waktu tersebut sangat cocok jika diisi dengan berolahraga. Pagi hari memiliki udara yang sejuk dan sangat baik untuk berolahraga. Oleh karena itu, bangunlah lebih pagi dan berolahragalah sebelum beraktivitas.

3. Hindari target
Target sebenarnya bertujuan positif yaitu agar olahraga berjalan dengan maksimal. Namun, realitanya target justru membebani bagi orang yang ingin membiasakan diri berolahraga. Target yang tidak tercapai di hari pertama dan kedua akan menjadi boomerang bagi diri sendiri. Kita akan semakin malas. Oleh karena itu, sebaiknya mulailah tanpa target. Jika Anda sudah terbiasa maka tak ada salahnya memberi target. 

4. Olahraga yang disukai
Setiap orang pasti memiliki olahraga yang disukainya, sekalipun ia tak mahir melakukannya. Lakukan saja olahraga apapun yang Anda sukai. Melakukan hal yang kita suka dapat menghilangkan rasa bosan. 

5. Berolahraga dengan orang lain
Olahraga yang dilakukan sendirian memang kadang membuat kita tidak semangat. Dengan membentuk kelompok olahraga kecil, kita akan menjadi lebih bersemangat berolahraga. Saat semangat pudar, ada orang-orang yang memberikan semangat sehingga kita menjadi rajin berolahraga.

Membiasakan diri rajin olahraga memang tidak bisa dicapai seminggu atau dua minggu. Diperlukan usaha yang konsisten untuk kebiasaan yang ideal. Jangan pernah patah semangat membiasakan diri. Jika dengan cara pertama gagal, lakukan cara kedua hingga seterusnya sampai Anda rajin berolahraga dan merasakan manfaatnya.
0 Komentar untuk "Cara Membiasakan Diri Rajin Berolahraga"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top