Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Hilangkan Pestisida dari Sayur dan Buah

Cara Hilangkan Pestisida dari Sayur dan Buah

Mengkonsumsi sayur dan buah memang sehat. Tapi bagaimana jika sayur dan buah yang kita konsumsi mengandung pestisida yang berbahaya bagi tubuh? Nah, Anda harus mengantisipasi kehadiran pestisida pada buah dan sayur. Pestisida yang mengandung bahan kimia memang sering digunakan untuk mencegah sayur dan buah terkena hama dan penyakit. Namun, pengggunaan pestisida tentu dapat berbahaya bagi tubuh jika terakumulasi secara terus menerus. Apabila penggunaan pestisida memang tak bisa dihindarkan maka ada beberapa cara yang harus kita lakukan sebelum mengkonsumsi sayur dan buah tersebut. Setidaknya ada 4 cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan pestisida tersebut.  

Cuci Sayur dan Buah dengan Maksimal
Anda dapat menggunakan air hangat untuk mencuci sayur dan buah tersebut. Bisa juga menggunakan sabun khusus yang aman untuk mencuci makanan. Bilas sayur dan buah hingga benar-benar bersih dari pestisida maupun sabun. Sebaiknya pembilasan dilakukan pada air yang mengalir. 

Teknik Blanching
Blanching yaitu proses pembersihan dengan cara memasukkan sayur dan buah ke dalam air mendidih dalam waktu yang cepat. Kemudian didinginkan ke dalam air es atau dicuci di bawah aliran air dingin. Proses ini dapat membantu menghilankan zat kimia yang menempel pada sayur dan buah yang akan dikonsumsi. 

Rendaman Cuka
Cara ini dapat dilakukan pada sayur dan buah yang memiliki kulit agak tebal agar tidak merusak kulit dan rasa. Buat larutan cuka menggunakan 10 persen cuka putih dan 90 persen air. Lalu rendam sayur dan buah dalam larutan tersebut, kemudian bilas hingga bersih. 

Kupas Kulit
Cara ini tentu hanya dapat dilakuka untuk sayur dan buah yang memiliki kulit luar. Kupas kulit luar untuk menghilangkan pestisida yang menempel pada sayur dan buah. 

Mengkonsumsi sayur dan buah yang bebas pestisida tentu jauh lebih menyehatkan. Oleh karena itu, mulailah untuk menjaga kesehatan Anda dari apa yang Anda konsumsi sehari-hari. 
0 Komentar untuk "Cara Hilangkan Pestisida dari Sayur dan Buah"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top