Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Memilih Bantal Tidur yang Baik Untuk Kesehatan

Cara Memilih Bantal Tidur yang Baik Untuk Kesehatan

Bantal tidur yang baik untuk kesehatan dapat mencegah resiko yang dialami ketika tidur, seperti sakit punggung, sakit di bagian leher dan kepala. Selain itu, manggunakan bantal tidur yang tepat dapat membuat tidur menjadi nyaman dan nyenyak. Dalam memilih bantal yang baik untuk kesehatan, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Faktor ini sangat penting untuk menentukan kenyamanan dan kesehatan tidur Anda. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi dalam memilih bantal tidur yang baik untuk kesehatan. 

Posisi Tidur 
Posisi tidur berpengaruh dalam memilih jenis bantal yang baik untuk kesehatan. 
  • Jika Anda terbiasa tidur dengan posisi terlentang maka Anda memerlukan bantal yang tidak terlalu kuat atau terlalu tinggi. Leher tidak harus dinaikan, tapi cukup disangga sehingga kepala tetap sejajar dengan punggung bagian atas dan tulang belakang. 
  • Jika Anda terbiasa tidur dengan posisi menyamping maka Anda membutuhkan bantal yang sesuai dengan bentuk leher, memberikan dukungan yang tepat dan membuat kepala cukup tinggi untuk memastikan bahwa tulang belakang sejajar. 
Apabila Anda merasa nyeri di bagian punggung bawah, sebaiknya menempatkan bantal di bawah lutut jika dia tidur telentang, atau salah satu di antara lututnya jika tidur menyamping. 

Ukuran Tubuh dan Ukuran Bantal
Ukuran tubuh berpengaruh terhadap kenyamanan bantal yang digunakan. Di pasaran terdapat berbagai ukuran bantal seperti ukuran kecil, menengah, besar atau standar. Sesuaikan ukuran bantal dengan tinggi badan dan besar tubuh Anda. Bantal yang baik adalah bantal yang sejajar dengan tulang belakang dan tulang belakang harus didukung dalam posisi netral.

Bahan Pembuat Bantal
Biasanya bantal terbuat dari berbagai bahan seperti bulu, serat poliester, poliuretan (busa memori) dan soba hulls (atau produk organik lainnya). Pilih bahan yang dapat membuat punggung dan kepala Anda merasa nyaman. Berbahan halus dan tidak keras sangat disarankan. 

Preferensi Pribadi
Pada akhirnya kenyamanan penggunaan bantal kembali ke penggunanya. Jika Anda merasa nyaman dan tidak menimbulkan sakit di punggung atau leher maka gunakan bantal kesukaan Anda tersebut. Jika Anda bangun tidur tidak merasa segar, bahkan merasa sakit maka ada baiknya mengganti bantal dengan bahan dan ukuran yang lebih baik. 

Memilih bantal merupakan hal yang penting. Bantal yang baik untuk kesehatan membuat Anda merasa nyaman saat tidur dan merasa segar ketika bangun. Oleh karena itu, segera ganti bantal Anda dengan bantal yang baik untuk kesehatan.
2 Komentar untuk "Cara Memilih Bantal Tidur yang Baik Untuk Kesehatan"

Biasanya saya pilih bantal yang bukan dari kapuk, karena saya alergi debu, saya pilih yang dari busa dan diberi sarung rangkap 2.

Kalau punya alergi memang mesti lebih hati-hati dalam memilih bantal.... Semoga alerginya gak kambuh lagi dan sembuh om...

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top