Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Merawat Furniture Berbahan Kayu

Cara Merawat Furniture Berbahan Kayu

Furniture berbahan kayu sering menjadi pilihan dalam rumah kita. Furniture kayu tak hanya memiliki kesan yang lebih alami namun juga lebih awet jika dirawat dengan benar. Merawat furniture berbahan kayu bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang jika kita paham caranya dan susah karena harus sabar dan telaten. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat menjadi masukan bagi Anda dalam merawat furniture berbahan kayu. 

1. Pembersih yang sesuai
Langkah pertama adalah pahami dulu bahan dasar furniture yang Anda miliki. Pengetahuan ini penting untuk menyesuaikan bahan pembersih yang sesuai dengan bahan dasar furniture tersebut. Pilih pembersih yang dapat melindungi cat atau pelitur dari furniture tersebut. 

2. Polish furniture
Polish adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga keindahan furniture berbahan kayu. Polish merupakan cairan yang digosokkan pada furniture untuk mendapatkan kesan mengkilat. Furniture lama dapat juga terlihat baru lagi dengan cara di polish. 

3. Bersihkan secara rutin
Bersihkan secara rutin dengan lap kering untuk menghilangkan debu yang menempel di furniture. Jika memiliki banyak ukiran maka bersihkan pula di sela-sela ukiran tersebut. Jika terdapat noda yang sulit dihilangkan maka dapat menggunakan lap basah. Lap basah juga dapat digunakan jika furniture memang antik dan rawan terhadap goresan. 

4. Hindari cat/cairan
Hindari furniture kayu dari percikan cat atau cairan lainnya. Segera bersihkan jika terkena cat atau cairan tersebut. Hal ini dikarenakan cairan yang masuk ke dalam pori-pori kayu dapat membuat furniture mudah rusak atau keropos.

5. Hindari sinar matahari langsung
Sinar matahari langsung dapat merusak warna dan bahan dasar furniture tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya hindari sengatan matahari langsung dengan penempatan yang sesuai. 

Furniture berbahan kayu dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama jika dirawat dengan baik. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membersihan dan mempolish furniture agar selalu terlihat baru.

2 Komentar untuk "Cara Merawat Furniture Berbahan Kayu"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top