Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung terumbat merupakan salah satu gangguan pernafasan berupa peradangan pada salah satu atau kedua lubang hidung sehingga mengalami penyumbatan. Hidung tersumbat biasanya juga merupakan indikasi kita terserang flu. Hidung tersumbat tentu membuat pernafasan kita menjadi terganggu akibat lendir yang terperangkap. Selain itu, hidung tersumbat juga membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Pada umumnya kita hanya mengobati penyakit yang menyerang namun tidak mengatasi hidung yang tersumbat. Padahal ada cara cepat dan mudah untuk mengatasi hidung tersumbat sambil menunggu reaksi obat tersebut. Nah, berikut ini 4 cara cepat mengatasi hidung tersumbat yang patut Anda coba.

Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat

1. Menggunakan uap panas
Uap panas dari segelas air dapat membantu mengatasi hidung terumbat dengan cepat. Caranya cukup tuangkan air panas dalam gelas, kemudian dekatkan wajah pada uap tersebut. Hirup dengan perlahan-lahan. Hasilnya hidung tersumbat dapat teratasi seketika. Ulangi beberapa kali hingga hidung tersumbat tidak dirasakan lagi. 

2. Minyak kayu putih
Minyak kayu putih memang sering digunakan sebagai obat gosok. Namun, aroma minyak kayu putih juga dapat digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. Caranya dengan meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih pada sehelai sapu tangan kemudian hirup minyak kayu putih dalam sapu tangan tersebut. Aromanya yang khas dapat melegakan hidung tersumbat Anda dengan cepat. Cara ini juga praktis untuk dibawa kemana-mana. 

3. Handuk hangat
Cara mudah selanjutnya yaitu dengan menggunakan handuk hangat. Caranya siapkan handuk kecil dan baskom berisi air hangat. Celupkan handuk tersebut ke dalam air hangat kemudian gunakan dengan melingkarkan pada kepala. Rasa hangat yang ditimbulkan di kepala dapat membuat hidung termbut menjadi lega seketika dan perasaan relaksasi menjadikan diri merasa lebih nyaman. 

4. Makanan Pedas
Cara terakhir ini mungkin sudah sering Anda coba. Ketika hidung sedang tersumbat maka makan makanan pedas dapat melegakan hidung tersumbat tersebut. Hidung menjadi plong, lendir dapat dikeluarkan dan bonus perut menjadi kenyang. Namun, berhati-hatilah untuk mebatasi tingkat kepedasannya agar tidak berpengaruh buruk pada pencernaan Anda. 

Keempat cara tersebut dapat dengan mudah Anda lakukan karena semua bahannya tersedia di dapur Anda. Cara tersebut digunakan hanya untuk menghilangkan dan melegakan hidung tersumbat Anda. Untuk mengatasi flu yang Anda derita Anda dapat menyembuhkannya dengan mengkonsumsi obat-obatan baik dari bahan alami maupun obat-obatan kimia resep dari dokter. 

0 Komentar untuk "Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top