Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Mengatasi Maag Secara Alami

Cara Mengatasi Maag Secara Alami

Maag sepertinya menjadi penyakit yang banyak dialami oleh sebagian besar orang. Maag umumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur. Gejalanya yaitu perut terasa perih. Pada dasarnya maag merupakan penyakit yang timbul karena perubahan fungsi atau bisa juga karena peradangan pada lambung sehingga terasa sakit, mulas dan perih. Dalam istilah medis maag disebut gastritis. Ternyata tak hanya pola makan yang dapat menyebabkan maag. Ada beberapa hal yang yang dapat menyebabkan maag, yaitu : 
  • Infeksi bakteri, virus, jamur, dan atau protozoa pada lambung
  • Masuknya zat asing ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Pola tidur yang tidak teratur
  • Stress
  • Penderita maag makan terlalu banyak
Orang yang menderita maag pada umumnya akan merasakan gejala-gejala seperti : rasa sakit saat buang air besar, merasa mual dan ingin muntah, sering kali merasa lapar dan nyeri pada perut serta dada. Penderita maag terbagi menjadi beberapa kategori menurut tingkat keparahan penyakit maag tersebut. Setidaknya ada 4 tingkatan penyakit maag yaitu :
  1. Maag ringan
  2. Pada tingkatan ini ketika dilakukan pemeriksaan hanya akan terlihat asam lambung yang berlebih saja pada dinding lambung. 
  3. Maag sedang
  4. Asam lambung yang berlebih sehingga menyebabkan nyeri, perih, dan sakit pada perut.
  5. Maag kronis
  6. Pada tingkatan ini intensitas sakit maag sudah lebih sering daripada maag sedang. Kemungkinan pada maag ini juga sudah terjadi peradangan atau luka pada mukosa lambung.
  7. Maag akut
  8. Kondisi lambung sudah parah, terdapat borok maupun innfeksi oleh Helycobacter pylori (mikroorganisme yang merugikan).
Untuk mengatasi maag kadang kita hanya mengkonsumsi obat maag hingga maag reda. Namun, ternyata ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh tanpa harus selalu bergantung pada kehadiran obat. Nah, berikut ini cara mengatasi maag secara alami. 

1. Mengatur pola makan
Maag umumnya disebabkan oleh pola makan yang kurang teratur. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatur pola makan kita. Cobalah makan pada jam-jam yang telah ditentukan dengan porsi yang seimbang. Kunyah makanan dengan baik dan hindari makanan berlemak, pedas, minuman bersoda, berkafein serta alkohol. Hal ini dapat mencegah terjadinya peningkatan asam lambung. 

2. Kurangi stress
Mengurangi stress merupakan langkah tepat untuk mengatasi maag. Analisa apa saja yang menyebabkan stres kemudian atasi satu persatu. Lakukan refreshing ketika Anda merasa mulai merasakan adanya gejala stress. 

3. Terapi
Terapi biasanya dilakukan untuk membantu Anda berkonsentrasi meredakan penyakit maag ketika kambuh. Terapi ini bisa juga dilakukan dengan teknik meditasi dan yoga. Intinya adalah membuat badan rileks dan terkonsentrasi. 

4. Ramuan alami
Ada beberapa bahan alami yang dapat dijadikan ramuan yang ampuh untuk mengatasi maag yaitu :
  • Ramuan kunyit
    Caranya adalah dengan mengambil air perasan 2 buah kunyit yang telah dikupas dan diparut. Minum air tersebut pada saat pagi dan malam sebelum tidur.
  • Lidah buaya
  • Lidah buaya mengandung aleonin dan magnesium laktat yang dapat menghambat sekresi asam lambung. Caranya dengan membuat jus dari gel lidah buaya. Minum dengan tambahan madu agar rasanya lebih enak. Namun, ibu hamil dilarang mengkonsumsi ramuan ini.
  • Cincau
  • Mengkonsumsi cincau sekitar 200 cc selama 3 kali sehari dapat mengatasi maag.
Pola hidup sehat denga pola makan teratur mutlak diperlukan bagi penderita maag. Mengatasi maag dengan bahan alami terbukti lebih efektif dan menghindari ketergantungan akan obat-obatan. Oleh karena itu, mulailah dengan hidup sehat mulai sekarang.

2 Komentar untuk "Cara Mengatasi Maag Secara Alami"

jika sudah terlihat maag ringan lebih baik di antisipasi agar tidak terjadi hal-hal lebih parah di kemudian hari.

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top