Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal

Berat badan ideal tentu menjadi idaman bagi semua orang. Selain menarik secara penampilan tapi juga indikasi sehat secara medis. Untuk mengetahui apakah berat badan kita sudah ideal, perlu adanya perhitungan yang benar. Perhitungan dilakukan menggunakan rumus agar memberikan hasil yang lebih akurat. Dari perhitungan tersebut nantinya dapat diketahui apakah kita memiliki berat badan yang kurus, gemuk atau sudah ideal.

Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menghitung berat badan ideal.

1.  Menggunakan ukuran persentase

Cara ini menggunakan rumus berat badan ideal :
Berat Ideal = (Tinggi Badan – 100) x 90%
Hasil dari rumus diatas dikatakan ideal jika berat badan kita naik turun maksimal 10% dari hasil perhitungan. Misalnya, jika Anda memiliki tinggi badan 170 cm, berapa berat ideal Anda?

Berat Ideal = (170 - 100) x 90% = 63 kg dan naik turun 10% atau 6,3 kg. Melebihi toleransi tersebut maka dapat dikatakan Anda mengalami kegemukan, sedangkan kurang dari toleransi tersebut berarti Anda dianggap kurus. 

2. Menggunakan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT)

Caranya adalah menghitung berapa indeks massa tubuh Anda. Kemudian membandingkannya kedalam tabel indeks massa tubuh. Rumus yang digunakan yaitu :
IMT = Berat Badan : (Tinggi Badan x Tinggi Badan)
Keterangan : 
  • Berat Badan dalam Kg
  • Tinggi Badan dalam Meter
Selanjutnya hasil perhitungan tersebut kita bandingkan dengan kualifikasi Indeks Massa Tubuh menurut Menteri Kesehatan berikut ini.

Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal

Contoh perhitungannya, jika Anda memiliki berat badan 60 Kg dan tinggi badan 170 cm, sudahkah Anda memiliki berat badan yang ideal?

IMT = 60 : (1,7 x 1,7) = 20,76
Jika kita bandingkan di tabel maka ternyata Anda telah memiliki berat badan yang ideal (18,5 - 25) atau memiliki gizi yang baik. 

Dengan mengetahui berat badan ideal maka akan mendorong kita kearah yang lebih baik. Kita akan termotivasi menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat dan menghindari kegemukan. Mengkonsumsi makanan yang sehat, olahraga teratur, istirahat cukup dan bebas dari stress. 

0 Komentar untuk "Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top