Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Melakukan Pemanasan yang Benar

Salah satu rangkaian yang tak bisa terpisahkan saat kita berolahraga adalah melakukan pemanasan (warming up). Pemanasan bertujuan untuk mengurangi resiko cedera saat melakukan olahraga dan mempersiapkan otot juga sendi tubuh untuk melakukan olahraga. Dengan melakukan pemanasan detak jantung meningkat sehingga pasokan oksigen dalam aliran darah ke otot menjadi lebih lancar. Pemanasan membuat kita lebih bebas bergerak ketika olahraga sehingga lebih nyaman dan kuat. 


Namun, melakukan pemanasan tidak boleh asal agar tidak cedera sebelum berolahraga. Ada beberapa cara melakukan pemanasan  yang benar agar siap melakukan olahraga. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda perhatikan ketika melakukan pemanasan sebelum olahraga.

Bergerak Dinamis
Poin pertama adalah bergerak secara dinamis untuk melemaskan otot-otot yang kaku. Mulailah melakukan pemanasan dari kepala dengan cara menggerakkan kekanan-kekiri dankeatas-kebawah. Setelah itu gerakan tangan dengan menekuk lengan pendek-panjang selanjutanya gerakan tubuh jongkok-tegak dan terakhir gerakan kaki. Lakukan dengan kombinasi gerakan yang Anda suka dan nyaman. 

Gerakan Melompat
Selanjutnya Anda dapat melakukan gerakan melompat untuk melemaskan otot. Lakukan dengan ritme bertahap dari pelan hingga cepat sampai Anda berkeringat. Pemanasan ini baik untuk olahraga yang melibatkan banyak gerakan fisik. 

Berlari-lari Kecil
Untuk olahraga yang lebih berat lagi, Anda dapat melakukan pemanasan dengan berlari-lari kecil selama 5-10 menit. Gerakan ini melibatkan hampir keseluruhan otot sehingga efektif untuk cepat melenturkan otot. 

Jangan Berlebihan!
Pemanasan bertujuan untuk melemaskan otot dan membuat suhu tubuh serta detak jantung naik. Oleh karena itu, jangan melakukan secara berlebihan. Jika Anda sudah merasa panas dan jantung semakin cepat dari keadaan normal, serta otot lebih ringan, maka Anda siap untuk melakukan olahraga. Ketika selesei berolahraga jangan lupa untuk melakukan pendinginan agar otot tubuh dan kondisi badan kembali seperti semula. 

Melakukan olahraga tanpa dan dengan pemanasan akan memberikan hasil yang berbeda. Stamina akan lebih terjaga saat berolahraga bagi Anda yang melakukan pemanasan terlebih dahulu. Selain itu, yang paling penting Anda tidak rentan terhadap cedera atau resiko saat berolahraga. Oleh karena itu, ayo lakukan pemanasan secara benar sebelum melakukan olahraga.

0 Komentar untuk "Cara Melakukan Pemanasan yang Benar "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top