Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Obati Asam Urat Dengan Ramuan Sehat

Asam urat merupakan zat buangan hasil metabolisme purin. Purin adalah zat alami dalam sel hewan maupun tumbuhan. Dalam jumlah normal, asam urat berperan sebagai antioksidan yang berfungsi melindungi lapisan pembuluh darah. Namun, dalam jumlah yang tinggi asam urat dapat menyebabkan gangguan kesehatan.
Cara Obati Asam Urat Dengan Ramuan Sehat

Meningkatnya asam urat dalam tubuh dapat disebabkan gagalnya tubuh mengeluarkan asam urat dan produksi asam urat yang terlalu tinggi. Asam urat yang tinggi biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada sendi, pembengkakan hingga peradangan. Untuk mengatasi asam urat tinggi dapat dilakukan dengan menghentikan konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi dan juga melakukan pengobatan. Salah satu cara mengobati asam urat yaitu dengan ramuan sehat. Berikut ini ramuan sehat yang aman digunakan.

Ramuan Sambiloto
Cara Obati Asam Urat Dengan Ramuan Sehat
Sambiloto mengandung flavonoid yang dapat menurunkan asam urat, mengurangi rasa nyeri dan mengeluarkan racun. Cara membuatnya yaitu :
  • Rebus 10 gr sambiloto, 10 gr temulawak, 1 gr lada, 5-10 gr komfrey dengan 5 gelas air 
  • Rebus sampai air berkurang hingga 3 gelas
  • Minum air rebusan 3 kali sehari
  • Minum 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.
Ramuan Daun Salam
Cara Obati Asam Urat Dengan Ramuan Sehat
Saat ini daun salam identik dengan pelengkap bumbu masakan saja. Namun, ternyata daun salam juga dapat mengobati asam urat karena kandungan flavonoid, minyak atsiri dan tanin. Caranya :
  • Rebus 10-15 lembar daun salam dengan 3 gelas air
  • Rebus sampai air bersisa 1 gelas saja
  • Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari (pagi dan sore) masing-masing setengah gelas.
Ramuan Kumis Kucing
Cara Obati Asam Urat Dengan Ramuan Sehat
Kumis kucing biasanya digunakan sebagai ramuan obat batu ginjal yang ampuh. Namun, ternyata kandungan kumis kucing ampuh juga untuk mengobati asam urat. Caranya : 
  • Rebus 10 gr daun kumis kucing, 10 gr meniran, 10 gr sawi tanah, 30 gr jahe merah, 10 gr kapulaga kering dengan 1 liter air
  • Rebus sampai air bersisisa setengahnya
  • Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari dengan dosis 200 ml 
Ramuan Sarang Semut
Cara Obati Asam Urat Dengan Ramuan Sehat
Sarang semut memang terbukti berkhasiat mengatasi beberapa macam penyakit seperti hipertensi, kencing manis dan asam urat. Caramembuatnya pun cukup mudah yaitu dengan merebus sarang semut, kemudian meminum air rebusan tersebut. Lakukan beberapa kali hingga berkurang kadar asam urat Anda.

Nah, keempat ramuan tersebut dapat berfungsi dengan baik jika dibarengi dengan konsumsi makanan yang sehat dan menghindari makanan berpurin tinggi. Jangan lupa juga konsumsi air putih yang cukup agar mempermudah pengeluaran asam urat. 

2 Komentar untuk "Cara Obati Asam Urat Dengan Ramuan Sehat"

Terima kasih infonya.....

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top