Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Termudah Lancarkan BAB Setiap Hari

BAB (Buang Air Besar) adalah kebutuhan setiap manusia untuk mengeluarkan hasil samping berupa feses. Feses merupakan kotoran yang berasal dari sisa-sisa makanan yang telah diserap nutrisinya oleh tubuh. Feses merupakan racun yang harus dikeluarkan dan jika mengendap terlalu lama justru berbahaya bagi kesehatan.

Cara Termudah Lancarkan BAB Setiap Hari

Umumnya, frekuensi BAB tiap orang berbeda-beda. Tergantung pada kondisi tubuh. Namun, terlalu banyak BAB dalam satu hari atau kurang dari 3 kali dalam seminggu merupakan kondisi yang tidak normal. Susah BAB merupakan kondisi sembelit atau konstipasi. Akibatnya perut terasa penuh dan kembung. Saat ingin BAB, feses terlalu keras sehingga menyakitkan saat BAB.

Tubuh yang normal biasanya ditandai dengan BAB setiap hari minimal satu kali. Nah, untuk melancarkan BAB ada cara termudah yang bisa kita lakukan. Berikut ketiga cara tersebut. 

1. Banyak makan sayur

Sayur-sayuran merupakan sumber serat yang diperlukan tubuh. Serat inilah yang membuat pengolahan makanan di dalam sistem pencernaan dapat berjalan dengan lancar. Feses yang terbentuk dari sisa makanan juga tidak keras ataupun terlalu lunak sehingga mudah dikeluarkan. Jika kita mengalami susah buang air besar bisa jadi karena konsumsi serat kita kurang. Oleh karena itu, konsumsi sayur-sayuran untuk melancarkan BAB.


2. Banyak makan buah

Buah juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, buah juga dilengkapi dengan berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak makan buah tidak hanya melancarkan BAB setiap hari, namun juga menyehatkan tubuh. 


3. Banyak minum air putih

Tubuh kita berisi sejumlah cairan yang membantu segala macam proses yang berjalan di tubuh. Termasuk proses pencernaan. Banyak minum air putih, minimal 8 gelas perhari membantu melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Air putih juga membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh dalam bentuk keringat, urine maupun feses. 

BAB yang lancar setiap hari akan membuat proses pencernaan kita berjalan dengan baik. Selain itu, juga akan muncul perasaan nyaman saat beraktivitas. Hasilnya, kepercayaan diri meningkat dan produktivitas tercapai. 

1 Komentar untuk "Cara Termudah Lancarkan BAB Setiap Hari"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top