Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Menggunakan Toilet Umum Dengan Aman

Toilet umum merupakan toilet yang digunakan oleh banyak orang dan terdapat di tempat umum. Toilet umum meskipun terlihat bersih namun digunakan oleh banyak orang dengan berbagai latar. Ada orang yang memang menjaga kebersihan, ada pula mereka yang abai terhadap masalah kebersihan dan kesehatan. Oleh karena itu, Anda harus waspada terhadap kemungkinan bakteri dan kuman penyakit yang tertinggal di bagian-bagian toilet tersebut. 

Cara Menggunakan Toilet Umum Dengan Aman

Kuman penyakit seperti Salmonella, Streptococcus, E.coli dan berbagai virus lainnya dapat masuk ke dalam tubuh melalui interaksi terhadap benda-benda yang ada di toilet. Oleh sebab itu, Anda harus melindungi diri Anda saat menggunakan toilet umum dengan cara yang aman. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan saat menggunakan toilet umum dengan aman. 
  1. Selalu bawalah tissu baik basah ataupun kering ketika hendak masuk ke dalam toilet. Karena di dalam toilet umum tidak selalu tersedia barang tersebut. Jika pun tersedia maka keadaannya pun bisa dipertanyakan. 
  2. Sebaiknya hindari meletakkan barang apapun di lantai toilet. Jika ada gantungan dapat Anda manfaatkan. Jika tidak ada maka sebaiknya tinggalkan diluar atau dititipkan pada kerabat.
  3. Sebelum menggunakan toilet sebaiknya flush dulu agar sisa-sisa kotoran yang menjadi sarang kuman bersih terlebih dahulu. 
  4. Saat hendak menggunakan kloset duduk sebaiknya lap dengan tissu yang telah Anda persiapkan. 
  5. Jika kloset duduk terlihat basah atau kotor, ada baiknya Anda menggunakannya dengan posisi melayang bersandarkan dinding tanpa menyentuh kloset. 
  6. Jika telah selesei maka tutup kloset terlebih dahulu kemudian tekan flush untuk membersihkan. Kloset yang dalam keadaan terbuka dapat menyebabkan kuman berterbangan ketika di flush.
  7. Usahakan untuk tidak menekan atau menyentuh benda-benda di toilet dengan tangan kosong. Gunakan bantuan tissu saat menekan atau menyentuh benda-benda tersebut. 
  8. Setelah selesei buang air besar atau air kecil jangan lupa untuk selalu mencucui tangan dengan benar dan menggunakan sabun. Cuci tangan dengan selama 20-30 detik dengan menggosok seluruh bagian tangan.
  9. Keringkan tangan dengan tissu yang telah Anda sediakan. 
Menggunakan toilet umum memang penuh ancaman, namun Anda tak perlu khawatir selama Anda membekali dan menggunakannya dengan aman. Semakin banyak orang yang menggunakan toilet umum dengan cara yang aman maka toilet umum akan semakin bersih bebas dari kuman-kuman penyakit yang mengancam. Oleh karena itu, mulailah dari diri kita sendiri.

0 Komentar untuk "Cara Menggunakan Toilet Umum Dengan Aman"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top