Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur


Mendengkur ketika tidur dapat menjadi masalah, bukan hanya bagi diri sendiri namun juga bagi orang lain. Bagi diri sendiri, tidur dapat menyebabkan gangguan kualitas akibat kinerja otak dan alam bawah sadar yang terganggu. Sedangkan bagi orang lain, tentu suara yang ditimbulkan dapat mengganggu kepulasan tidurnya. Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika kita menghilangkan kebiasaan mendengkur untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Berikut ini cara menghilangkan kebiasaan mendengkur.

1. Mengubah Posisi Tidur
Hindari tidur dengan posisi terlentang. Tidur terlentang dapat menyebabkan aliran udara pada pernafasan mengalami penyempitan yang diakibatkan oleh lidah yang tertarik secara terpaksa ke belakang. Sebaiknya ubah posisi tidur dengan posisi miring.

2. Membersihkan Sinus
Sinus yang jarang dibersihkan dapat mengakibatkan tersumbatnya aliran udara. Hal ini dapat mengakibatkan sulit bernafas saat tidur dan menyebabnkan mendengkur. Maka sebaiknya rutinlah membersihkan sinus hidung minimal 3 kali dalam seminggu.

3. Senam Tenggorokan
Otot-otot yang tegang dapat menyebabkan mendengkur saat tidur. Sebab, sirkulasi udara yang masuk ke dalam hidung tidak dapat terhirup sempurna. Sebaiknya lakukan senam tenggorokan sebelum tidur. Caranya, regangkan rahang secara bolak – balik ke satu sisi menuju sisi yang berlawanan. Hal tersebut akan membuat otot-otot di tenggorokan menjadi lebih longgar dan rileks.

4. Atur makanan
Sebaiknya hindari makan atau mengemil sebelum tidur. Selain itu, pilih asupan makan yang rendah lemak dan kalori serta perbanyak asupan sayur dan buah. Makanan yang sehat dan pola makan yang teratur dapat mengurangi dengkuran.

5. Jangan Mengkonsumsi Alkohol dan Rokok
Rokok dan alkohol merupakan kebiasaan yang tidak baik. Selain merugikan kesehatan, rokok dan alkohol dapat memperparah kebiasaan mendengkur. Oleh karena itu, hilangkan kebiasaan ini untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur.

Menghilangkan kebiasaan mendengkur tentu akan meningkatkan kualitas tidur kita lebih baik. Tidur yang maksimal akan meningkatkan kesehatan tubuh kita.
0 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top