Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Mencegah Mata Terkena Katarak

Katarak adalah salah satu penyakit yang mengakibatkan lensa mata menjadi keruh yang dapat mengakibatkan kaburnya penglihatan. Katarak dapat menyebabkan mata mengalami penurunan penglihatan dari keburaman rendah hingga keburaman total atau kebutaan. Katarak merupakan penyakit yang banyak ditemukan pada orang-orang lanjut usia, meskipun bisa juga terjadi pada bayi dan anak-anak dengan kemungkinan yang kecil. Di Indonesia sendiri diperkirakan sekitar 210.000 penderita baru dan lebih dari 50% kebutaan disebabkan oleh katarak. Begitu bahayanya katarak mendorong kita untuk mencegah terjadinya katarak hingga lanjut usia nanti. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mencegah mata terkena katarak. Berikut ini beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan.
Cara Mencegah Mata Terkena Katarak

1. Menghindari fast food dan makanan berlemak jenuh
Untuk menjaga kesehatan mata sebaiknya menghindari makanan cepat saji (fast food), makanan berlemak jenuh dan makanan bergula tinggi. Konsumsi makanan yang kaya akan magnesium seperti kerang, sayuran dan biji-bijian. Magnesium berperan dalam meningkatkan kesehatan darah dan fungsi otot. 

2. Konsumsi teh hijau
Teh hijau sangat baik diminum karena kandungan antioksidannya. Konsumsi teh hijau satu cangkir setiap pagi hari dapat meningkatkan kesehatan fungsi otot mata Anda.

3. Minum jus wortel
Kita tahu sejak dahulu bahwa wortel berperan dalam kesehatan mata. Minum jus wortel saat makan siang dapat mencegah mata dari katarak. Kandungan betakaroten pada wortel membantu tubuh memproduksi vitamin A yang baik untuk mata.

4. Konsumsi kunyit dan jahe
Kunyit dan jahe bersifat antioksidan yang kuat serta anti peradangan. Mengkonsumsi kunyit dan jahe juga sangat dianjurkan untuk mencegah mata katarak. 

5. Menggunakan kacamata hitam
Ketika berada di luar ruangan dengan sinar matahari yang cerah sebaiknya gunakan kacamata hitam. Radiasi sinar uv yang berasal dari matahari dapat memicu penyakit katarak yang menyerang mata. 

6. Berhenti merokok dan menghindari minuman beralkohol
Berhenti merokok dan menghindari minuman beralkohol adalah kebiasaan baik yang harus selalu dilakukan. Karena tidak hanya dapat mencegah penyakit katarak namun juga penyakit-penyakit lainnya yang merugikan kesehatan kita. 

Mata adalah aset berharga untuk melihat keindahan dunia. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga kesehatannya. Salah satunya yaitu melakukan upaya pencegahan terhadap penyakit katarak yang berbahaya bagi kesehatan mata kita. 

0 Komentar untuk "Cara Mencegah Mata Terkena Katarak"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top