Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Cepat Mengatasi Lidah Tergigit

Lidah tergigit biasanya terjadi secara tidak sengaja saat kita sedang berbicara atau sedang makan. Lidah tergigit dapat menyebabkan trauma fisik yang mengakibatkan timbulnya sariawan. Tentu hal ini membuat lidah terasa sakit dan mengganggu kenyamanan kita dalam beraktivitas seperti makan atau berbicara. Sakit yang terjadi pada lidah tergigit ini sebenarnya dapt sembuh dengan sendirinya karena kandungan air liur yang membantu penyembuhan. Namun tentu ini memakan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, butuh beberapa cara untuk meringankan rasa sakit yang ditimbulkan oleh lidah yang tergigit ini agar cepat sembuh dan aktivitas tak terganggu. Berikut ini beberapa cara cepat yang dapat dilakukan untuk mengatasi lidah yang tergigit.

Cara Cepat Mengatasi Lidah Tergigit

1. Bantuan Es Batu
Untuk meringankan rasa sakit ketika lidah tergigit, Anda dapat menggunakan bantuan es batu. Caranya dengan meletakkan potongan kecil es batu di lidah. Selain meringankan rasa sakit, es batu juga dapt menghantikan pendarahan yang terjadi. 

2. Kumur Air Garam
Garam merupakan salah satu bahan yang mudah ditemukan di rumah. Garam dapat menjadi obat kumur yang efektif untuk melawan bakteri dan mencegah infeksi. Caranya dengan melarutkan garam ke dalam air dan menggunakannya sebagai obat kumur. Lakukan selama beberapa detik sampai Anda merasa nyaman. 

3. Oleskan Madu
Untuk membantu meringankan lidah yang tergigit Anda juga dapat menggunakan madu sebagai bahan olesan. Oleskan madu secukupnya pada area lidah yang tergigit. Lakukan setidaknya 2 kali sehari agar cepat sembuh.

4. Minum Air Lebih Banyak
Air dapat memberikan efek menenangkan padda bekas luka gigitan sekaligus mengompres luka. Minumlah air putih lebih banyak dari biasanya agar lebih cepat sembuh dan membantu meringankan sakit ketika berbicara akatu makan. 

5. Hindari Makanan Pedas
Untuk mempercepat proses penyembuhan, selama lidah Anda masih terluka sebaiknya hindari makanan pedas. Makanan pedas dapat memicu peradangan sehingga memperlambat proses penyembuhan. 

Lidah tergigit memang bukan hal yang membahayakan, namun tentu menyebabkan rasa tidak nayamn dan sakit ketika beraktivitas. Oleh karena itu, penyembuhan pasca lidah tergigit harus telaten dilakukan agar cepat teratasi dan aktivitas kembali normal. 

0 Komentar untuk "Cara Cepat Mengatasi Lidah Tergigit"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top