Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Mengecilkan Perut Pasca Persalinan

Persalinan merupakan proses yang pasti dilalui oleh setiap wanita. Pasca persalinan biasanya perut serta pinggul mengalami perubahan lebih besar dari sebelumnya. Sebenarnya, seiring berjalannya waktu perut akan kembali ramping. Namun, hal ini memakan waktu yang lama. Oleh karena itu, banyak wanita yang berupaya mencari cara untuk mengecilkan perut secara lebih cepat. Tentu cara yang ditempuh harus mempertimbangkan aspek kesehatan diri dan bayi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh wanita untuk mengecilkan perut pasca kehamilan seperti berikut ini.

Cara Mengecilkan Perut Pasca Persalinan

1. Memberikan ASI
ASI adalah kebutuhan nutrisi bagi bayi yang paling baik. Ternyata, memberikan ASI tidak hanya bermanfaat bagi bayi namun juga bagi ibu yang menyusui. Selain perasaan bahagia tentunya, memberikan ASI juga dapat mengurangi 5000 kalori setiap harinya. Dengan memberikan ASI dengan baik otomatis perut akan kembali ke kondisi semula. 

2. Makan Sedikit Tapi Sering
Pola makan dengan porsi sedikit tapi sering ternyata efektif untuk mencegah tumpukan lemak dalam tubuh. Dengan pola makan seperti itu, kita tetap dapat menikmati makanan sekaligus mengontrol berat badan. 

3. Makanan Rendah Lemak
Pilihlah makanan yang rendah lemak dan rendah kalori. Kemudian perbanyak makan sayur dan buah. Tetap pastikan asupan nutrisi yang Anda makan terpenuhi agar tidak mempengaruhi ASI yang diberikan kepada buah hati. 

4. Maksimalkan air putih
Air putih penting untuk melancarkan sistem kerja dan membersihkan organ di dalam tubuh. Terutama membantu proses pencernaan dan membantu melangsingkan tubuh. Air yang dikonsumsi juga dapat mencairkan konsentrasi sodium sehingga dapat memperbanyak air yang keluar pada sistem pencernaan.

5. Senam
Senam dapat mengencangkan kembali otot-otot pada tubuh. Anda dapat membiasakan melakukan senam secara teratur agar perut lebih cepat langsing.

6. Latihan Otot
Selain senam, latihan otot juga dapat mengencangkan kembali otot perut Anda. Caranya, tarik bagian perut ke dalam dengan cara mengkontraksikan otot tubuh selama beberapa menit. Lakukan beberapa kali secara bertahap namun jangan memaksakan diri. Cara yang lain dapat Anda lakukan dengan bantuan matras sebagai alas berbaring terlentang. Tekuk kaki sampai telapak kaki menyentuh lantai. Hembuskan nafas dengan mengkontraksikan otot perut, lalu angkat kepala serta pundak. Tahan posisi dalam beberapa detik lalu kembali turunkan kepala serta pundak dengan perlahan. Lakukan beberapa kali. 

Memang tidak ada yang instan dalam mengecilkan perut pasca persalinan. Lakukan upaya tersebut dengan telaten dan sabar. Namun, yang paling penting konsultasikan keinginan Anda untuk mengecilkan perut dengan dokter agar tidak membahayakan kesehatan Anda dan buah hati. Pastikan juga tidak mempengaruhi asupan nutrisi yang harus diterima buah hati Anda. 

0 Komentar untuk "Cara Mengecilkan Perut Pasca Persalinan "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top