Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Mencegah Ubanan Dini Pada Rambut

Mencegah ubanan dini pada rambut bukanlah hal yang mustahil. Uban adalah rambut putih yang tumbuh di rambut secara alami. Ubanan pada dasarnya merupakan hal yang wajar dan akan dialami oleh hampir semua orang yang telah lanjut usia. Namun kini, banyak anak muda yang sudah mengalami ubanan. Tentu hal ini bukan sesuatu yang wajar karena dapat merusak penampilan di usia muda.


Uban sebenarnya adalah rambut hitam yang berubah warna menjadi putih. Perubahan warna ini disebabkan perubahan pigmen rambut yang disebut melanin. Melanin dapat berubah akibat kurangnya asupan oksigen yang diterima rambut. Selain itu, uban juga dapat disebabkan kerusakan DNA pada folikel rambut sehingga mengganggu produksi melanin. 

Ubanan yang terjadi pada anak muda dapat disebabkan oleh faktor keturunan (genetik), gizi buruk, stress, kebiasaan merokok dan gaya hidup tidak sehat. Hingga saat ini uban belum dapat diatasi secara permanen. Meskipun demikian, hal terpenting adalah melakukan pencegahan rambut beruban seja dini. Berikut beberapa cara mencegan ubanan dini pada rambut Anda.

1. Hindari stress

Faktor stres merupakan penyebab ubanan dini pada rambut yang paling sering dialami. Stres yang berlebihan mengurangi cadangan vitamin B12 yang mengakibatkan uban tumbuh lebih awal. Oleh karena itu, atur waktu dan prioritaskan kepentingan untuk menghindari stres. Sesekali lakukan refreshing dan relaksasi untuk tubuh Anda.

2. Hindari pemakaian bahan kimia dan pengawet

Cara mencegah yang paling mudah dilakukan yaitu dengan menghindari konsumsi makanan yang mengandung msg, pengawet, pewarna dan gula sistetis terlalu banyak. Hindari juga pemakaian shampo, minyak rambut, gel dan bahan kimia lain terlalu banyak dan tidak sesuai aturan karena dapat mempengaruhi pigmen rambut. Apalagi jika bahan-bahan tersebut telah memasuki kadaluarsa.

3. Konsumsi makanan kaya zat besi dan protein

Uban ditimbulkan karena produksi melanin yang terganggu. Makanan yang mengandung zat besi dapat membantu pembentukan melanin agar pigmen kulit tidak terganggu. Makanan yang mengandung zat besi misalnya bayam, lenin, jamur, seafood seperti kepiting dan lainnnya. Sedangkan makanan kaya protein dapat ditemukan pada gandum, kacang, daging, ikan dan lain-lain. Makanan kaya protein memperbaiki struktur rambut dan menjaga pigmen alami rambut. 

4. Jaga kebersihan kulit kepala

Mencegah ubanan juga dapat dilakukan dari hal yang sederhana seperti menjaga kebersihan kulit kepala. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kebersihan kulit kepala mempengaruhi munculnya ketombe. Akumulasi ketombe inilah yang makin lama akan memicu tumbuhnya uban. Gunakan shampo anti ketombe dan ramuan penghilang ketombe untuk menghilangkannya. 

5. Berhenti merokok

Jika Anda ingin mencegah ubanan sebelum waktunya, maka segera berhentilah merokok. Rokok mengandung beragam racun kimia yang masuk ke dalam tubuh. Akumulasi kerusakan akibat bahan kimia ini akan mengganggu pembentukan pigmen warna pada rambut.

Rambut yang telah menjadi uban tidak dapat dihilangkan secara permanen. Penggunaan pewarna rambut bukan solusi karena dapat berakibat semakin buruk bagi rambut. Oleh karena itu, mari jaga kesehatan rambut dengan melakukan pencegahan agar rambut tetap sehat dan hitam sesuai warna aslinya.

0 Komentar untuk "Cara Mencegah Ubanan Dini Pada Rambut"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top