Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara-cara Memisahkan Kuning Telur

Kuning dan putih telur memiliki kandungan dan kegunaan yang berbeda. Kuning dan putih tidak harus selalu digunakan secara bersamaan. Ada kalanya kita hanya membutuhkan bagian kuningnya saja atau kita hanya membutuhkan bagian putihnya saja. Tergantung kebutuhan. Pada umumnya, kuning telur lebih sering dibutuhkan dalam pembuatan kue atau makanan. Sedangkan putih telur digunakan sebagai bahan perekat campuran. Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk memisahkan kuning telur yang sering digunakan.

1. Menggunakan Permukaan Kulit Telur 


Cara ini cukup banyak digunakan karena memang paling mudah dan tanpa alat bantu. Selain itu, tidak ada kontak langsung dengan tangan atau alat bantu sehingga dinilai lebih higienis. Caranya dengan memecahkan telur menjadi dua bagian, kemudian menuangkan telur dari kulit telur yang satu ke kulit telur yang lain sampai hanya bagian kuning telur saja yang tersisa dan putih telur jatuh ke wadah yang telah disiapkan.

2. Menggunakan Telapak Tangan 


Memisahkan kuning telur dengan telapak tangan juga sering digunakan karena tanpa alat bantu sehingga lebih cepat. Caranya pecahkan telur dan tuangkan ke atas telapak tangan. Putih telur akan otomatis berjatuhan ke dalam wadah sampai hanya tersisa kuning telur di telapak tangan.

3. Menggunakan Alat Pemisah Telur 

   

Cara ini menggunakan alat bantu sehingga lebih cepat dan higienis. Caranya cukup dengan meletakkan alat bantu pemisah telur pada wadah. Kemudian, pecahkan telur diatas alat pemisah telur. Maka bagian putihnya akan tersaring secara otomatis sehingga bagian kuningnya saja yang tersisa pada alatnya.

4. Menggunakan Botol Plastik


Cara ini cukup mudah, hemat waktu dan hanya membutuhkan alat bantu yang mudah didapat yaitu sebuah botol plastik. Dengan menggunakan botol plastik, Anda dapat memisahkan beberapa kuning telur sekaligus. Caranya, pecahkan beberapa telur sekaligus dalam satu wadah. Lalu, sedot kuning telurnya dengan cara menekan dan perlahan-lahan melepaskan tekanan bagian tengah botol plastik. Tekanan udara akan mendorong kuning telur masuk ke dalam botol. Lakukan pada beberapa kuning telur sekaligus.

5. Menggunakan Corong Plastik


Alat bantu yang dibutuhkan cukup mudah yaitu corong plastik yang memiliki lubang yang tak terlalu besar agar kuning telur tak jatuh ke bawah. Caranya cukup mudah yaitu dengan memecahkan telur diatas corong kemudian diayak atau digerakkan ke kanan ke kiri agar putih telur jatuh kebawah. Lakukan gerakan tersebut sampai tersisa kuning telur saja diatas corong.

Kuning telur yang dipisahkan pastinya akan digunakan sebagai bahan makanan oleh karena itu selalu cuci tangan sebelum dan sesudah memisahkan untuk menghindari kemungkinan kontaminasi bakteri. Jangan lupa untuk membersihkan semua permukaan dan peralatan yang akan kontak dengan telur baik sebelum dan sesudah proses pemisahan.

3 Komentar untuk "Cara-cara Memisahkan Kuning Telur "
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

klo saya suka peke kulit telurnya aja lebih praktis, gak perlu alat lagi...

yep.. klo udah biasa megang memang lebih mudah dan praktis...

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top