Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan


Era persaingan bebas seperti sekarang ini membuat orang semakin kompetitif dalam mendapatkan pekerjaan. Kemampuan akademis seakan menjadi kemampuan standar yang dimiliki oleh setiap orang. Sehingga sudah bukan menjadi alat yang mampu untuk memuluskan jalan pekerjaan. Berbeda dengan skill atau keahlian yang justru sekarang menjadi senjata yang ampuh. Tak cukup akan kemampuan akademis namun juga harus dilengkapi dengan keahlian maka jalan akan semakin terang. Lalu bagaimana jika kita tak memiliki salah satunya atau bahkan keduanya? Bagaimana mungkin kita bisa mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah. 


1. Luruskan niat
Sebelum memulai mencari pekerjaan, tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah meluruskan niat. Ini hal yang paling penting karena niat menentukan arah perjalanan kita. Bagaimana niat yang lurus itu? Berikut beberapa cirinya :
  • Niat untuk ibadah, ini yang paling utama karena manusia diciptakan di dunia untuk beribadah, menyembah kepada Allah
  • Niat untuk keluarga, untuk memberikan nafkah kepada anak, istri, orang tua dan yang lainnya.
  • Niat untuk masyarakat, memberikan kemanfaatan bagi masyarakat sekitar. 
  • Hindari niat niat-niat untuk sekedar balas dendam, mencari popularitas, niat tidak baik, niat ingin menghancurkan sesuatu dan niat-niat melenceng lainnya.
Niat sangat menentukan etos kerja kita nantinya. Apakah sungguh-sungguh atau sekedarnya saja. Niat yang tidak lurus dan tidak sungguh-sungguh akan membuat terasa lebih susah digapai.

2. Berdoa
Tahap kedua adalah berdoa. Biasanya kita sering mendengar orang mengatakan, berusaha lalu berdoa. Hal ini adalah hal yang sedikit keliru. Karena kembali lagi bahwa pada dasarnya pekerjaan itu bagian dari rizki yang Allah berikan. Jadi, berdoalah, minta kepada Allah dengan baik dan benar lalu berusahalah. Dengan cara ini maka akan terasa lebih mudah. Karena kita lebih optimis dalam melangkah. Kita telah minta ijin dulu kepada yang empunya dunia ini. Jadi jangan lupa berdoa diutamakan. Jangan lupa juga mintalah doa dari orang tua, terutama ibumu.

3. Pasang target pekerjaan yang kamu inginkan
Dalam mencari pekerjaan yang kamu inginkan, kamu harus tahu dulu apa yang ingin kamu capai. Dengan tahu tujuan atau targetnya maka kamu bisa menentukan arah pekerjaan yang hendak kamu ambil. Tanpa target yang jelas maka hidupmu tak terarah, pekerjaan apapun akan kamu terima tanpa tahu titik akhirnya. Target yang jelas bisa menuntun kamu menentukan pekerjaan yang benar sehingga bisa melangkahkan karier dengan lebih mantap.

4. Jalin silaturahmi yang baik
Nah, cara untuk mengakselerasi mendapatkan pekerjaan adalah dengan menjalin silaturahmi yang baik dengan siapapun. Bahasa kerennya yaitu networking. Dengan networking yang luas kamu bisa lebih besar berpeluang mendapatkan pekerjaan lebih mudah. Informasi bertubi berdatangan.  Carilah informasi dengan memanfaatkan networking ini. Jangan malas untuk mencari informasi dan menjalin hubungan baik. Manfaatkan dengan baik networking dengan menjalin silaturahmi yang baik. 

5. Melengkapi berkas
Salah satu hal yang biasanya disepelekan yaitu berkas-berkas yang berkaitan dengan riwayat akademis, pencapaian, dan keahlian yang kamu miliki. Lengkapi berkas-berkas tersebut dan selalu uptodate (perbarui) jika ada masa aktifnya. Seperti tes toefl, sertifikasi tertentu dan lainnya.

6. Ikhtiar (berusaha)
Baru langkah selanjutnya yaitu berusaha. Berusaha mencari informasi pekerjaan yang sesuai. Sekarang kamu bisa memanfaatkan internet, sosial media dan surat kabar. Banyak sekali informasi disana, namun selektiflah karena ingat dengan target. Jangan sekedar mendapatkan pekerjaan namu akhirnya ditinggalkan karena karirnya stag. Selain itu, kamu juga bisa berusaha dengan meningkatkan skill (keahlian) yang kamu miliki. Misalnya dengan ikut pelatihan, seminar, workshop, training, atau dengan cara otodidak.

7. Sabar
Dalam masa penantian dan berusaha ada satu hal yang penting kamu ikuti. Sabar. Sabar memang kata yang mudah diucapkan namun susah dijalankan. Sabar dengan cara tidak mengeluh, menyalahkan atau bahkan mencari dengan jalan yang tidak baik. Bersabarlah dengan doa dan usaha yang kamu lakukan. 

8. Sedekah dan membantu orang lain
Nah, ini adalah teknik yang ampuh untuk mempercepat mendapatkan pekerjaan. Bersedekahlah apa yang kamu punya. Sedekahlah untuk mempermudah pekerjaan datang menghampiri. Jika tak mampu dengan materi maka dengan tenaga. Jika tak bisa juga dengan mendoakan. Sedekah bisa juga dengan membantu orang lain. Membantu apapun asal diniatkan sebagai sedekah. Lakukan hal ini dengan sabar niscaya akan semakin mendekat pekerjaan yang kamu inginkan.

9. Tidak melakukan dosa besar
Jika sedekah bisa mempercepat maka poin yang ini adalah agar pekerjaan tidak semakin menjauh. Instrospeksi dirilah, apakah kamu pernah melakukan hal ini. Jika pernah maka segeralah memohon ampunan dan minta maaf. Jangan diulangi lagi dan ganti dengan hal yang lebih baik. Pertahankan untuk tidak pernah melakukan dosa besar apapun yang terjadi.

Bagaimana, terlihat mudah bukan? Selamat mencoba, semoga memperoleh pekerjaan yang diimpikan segera.

4 Komentar untuk "Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top