Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Mendekatkan Diri dengan Anak, Bagi Ayah Sibuk

Cara Mendekatkan Diri dengan Anak, Bagi Ayah Sibuk

Kehadiran seoarang Ayah dalam pola pengasuhan anak sangat penting bagi tumbuh kembangnya. Anak akan memiliki karakter yang positif, kepercayaan diri tinggi dan kecerdasan yang lebih baik. Namun, seringkali faktor kesibukan membuat Ayah tak selalu bisa mendampingi buah hati. Sehingga proses tumbuh kembang anak seringkali luput dari perhatian Ayah. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri dengan anak ditengah kesibukan Ayah.

Aktivitas Fisik
Luangkan waktu bersama anak untuk melakukan aktivitas fisik bersama. Misalnya di libur akhir pekan tak ada salahnya mengajak anak melekukan hobinya seperti berenang bersama, bermain futsal, bermain basket atau sekedar mencuci mobil bersama. Jika akhir pekan tak memungkinkan, setidaknya Ayah bisa mengajak anak bermain gulat dan melakukan kebersamaan sebelum sang anak tidur. Waktu yang sedikit ini harus dimanfaatkan secara berkualitas.

Aktivitas Intelektual
Orang tua adalah guru dan teladan yang pertama bagi anak. Terutama peran Ayah sangat penting bagi teladan anak-anakanya, terutama anak pria. Sosok Ayah yang cerdas dan baik akan menjadi teladan yang membanggakan. Anak akan mengikuti cara yang dilakukan ayahnya. Luangkan sedikit waktu bersama anak, sebelum mereka berangkat sekolah dengan berdiskusi ringan atau bermain tebak-tebakan akademis. Jangan lupa untuk memberikan pujian dan reward atas keberhasilan anak.

Interaksi Sosial
Tidak ada salahnya jika beberapa kali menyertakan anak dalam acara-acara kantor atau pertemuan santai bersama teman. Ketika berkumpul ayah dapat mengajarkannya bagaimana berinteraksi dengan orang lain yang baik. Jika ada kegiatan kumpul bersama tetangga dan warga, ikut sertakan anak agar mengenal dan berinteraksi dengan orang lain. Interaksi sosial akan membuat anak lebih percaya diri dalam bergaul.

Memang kesibukan Ayah membuat kuantitas waktu bersama anak tak banyak. Namun, kualitas ketika bersama anak tak kalah penting untuk selalu membuatnya merasa diperhatikan. Kedekatan diri penting dalam masa tumbuh kembang anak. 
0 Komentar untuk "Cara Mendekatkan Diri dengan Anak, Bagi Ayah Sibuk"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top