Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Merawat Gitar Kesayangan

Gitar  merupakan instrument musik yang paling dasar dan paling populer dengan jumlah penggemar dan pemiliknya yang sangat banyak. Gitar kesayangan merupakan barang berharga yang harus kita rawat dan bersihkan. Instrument yang sebagian besar terdiri dari bahan kayu ini juga membutuhkan perawatan yang tepat agar kualitas suara yang dihasilkan tetap pada performa yang baik. Dan dari segi tampilan tetap terjaga keindahan dan keeleganannya. Nah, berikut ini cara merawat gitar kesayangan yang Anda miliki.

Gunakan case (tas) gitar
Cara Merawat Gitar Kesayangan

Case gitar berguna untuk melindungi body gitar dari debu, kotoran, atau benturan dengan benda lainnya yang bisa mengakibatkan body gitar ini menjadi tergores dan lecet. Ada 2 jenis case, yaitu soft case dan hard case. Biasanya para musisi lebih banyak menggunakan hard case yang terbuat dari bahan kayu atau plastik sehingga ini sangat aman menjaga body gitar.

Senar gitar harus selalu bersih
Senar merupakan bagian penting dalam alat musik seperti gitar. Perhatikan dan selalu bersihkan senar gitar setelah selesai bermain gitar. Karena tanpa kita sadari, pada saat bermain gitar, tangan kita akan mengeluarkan keringat yang bisa menyebabkan senar gitar biasanya akan mudah berkarat. Cara membersihkannya, pakailah kain lembut dengan ditambahkan cairan string cleaner yang biasa dijual di toko alat musik.

Kendorkan senar gitar saat tidak digunakan
Mengendurkan senar gitar saat tidak digunakan mampu mengecilkan resiko neck atau leher gitar menjadi bengkok Resikonya akan pasti terjadi dengan perlahan-lahan.

Bersihkan fretboard
Cara Merawat Gitar Kesayangan
Fretboard bisa dikatakan sebagai sarangnya kotoran akibat keringat baik dari jari dan tangan ketika memainkan gitar. Jika dibiarkan terlalu lama, maka ini bisa menjadi kerak. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk selalu membersihkan fretboard setelah selesai bermain atau ketika mengganti senar. Biasanya banyak yang menggunakan minyak kayu putih dengan juga menggunakan lap tipis dengan bahan yang halus.

Jauhkan gitar dari air
Jangan mainkan gitar ketika hujan. Ini sangat tidak dianjurkan, karena bahan gitar akustik yang biasa tersebut dari kayu sangat sensitif dan bisa rusak parah jika terkena air.

Cara Merawat Gitar KesayanganSimpan gitar dengan benar
Apabila kita ingin menyimpan gitar yang telah digunakan, sebaiknya menggunakan dudukan gitar agar gitar tidak terjatuh. Jika tidak memiliki dudukan, pastikan saat menaruh gitar dalam keadaan telentang dengan senar menghadap keatas. Simpan ditempat yang cukup tinggi seperti diatas lemari. Tidak disarankan menaruh dengan posisi bersandar tanpa adanya penyangga, dan juga posisi dimana gitar dapat terinjak.

Jaga suhu dan kelembaban
Suhu udara kamar juga mempengaruhi umur gitar. Sebaiknya letakkan gitar ditempat yang suhunya normal. Sebaiknya jauhi tempat-tempat lembab seperti gudang atau kamar penyimpanan. Penggunaan silica gel cukup baik untuk merawat dan menghindari gitar dari kelembaban.
0 Komentar untuk "Cara Merawat Gitar Kesayangan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top