Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Mudah Mengingat Materi Pelajaran

Cara Mudah Mengingat Materi Pelajaran

Mengingat materi pelajaran yang telah diberikan guru pengajar merupakan kemampuan yang mutlak diperlukan bagi seorang pelajar. Mengingat materi akan membuat kita menjadi lebih mudah paham dalam mendalami pelajaran. Hal ini tentu sangat membantu untuk mengerjakan tugas atau pun mengaplikasikan materi yang telah diajarkan. Bagi sebagian orang, mengingat materi pelajaran bukanlah hal yang susah. Namun, bagi sebagian yang lain, mengingat materi pelajaran adalah hal yang amat sangat menyusahkan. Lalu bagaimana agar kita mudah mengingat materi pelajaran. Berikut ini beberapa cara mudah untuk mengingat materi pelajaran. 

1. Membaca terlebih dahulu
Sebelum materi diajarkan oleh guru pengajar maka sebaiknya persiapkan dulu dengan membacanya. Sehingga ketika materi diajarkan, pelajaran akan cepat terserap oleh otak karena telah dibaca sebelumnya. Membiasakan diri membaca materi terlebih dahulu, akan memudahkan untuk mengingatnya kembali. 

2. Ulangi membaca materi
Jika mengalami kesulitan dalam memahami materi yang telah dijelaskan, maka ulangi membaca materi. Ulangi hingga beberapa kali sehingga otak lebih mencerna apa yang dimaksudkan oleh materi tersebut. Setidaknya baca materi hingga 3 kali agar benar-benar paham. Orang yang paham tentu akan lebih mudah mengingatnya kembali. 

3. Jangan menghafal
Materi pelajaran sebaiknya tidak dihafalkan namun dipahami terlebih dahulu. Materi yang telah dipahami lebih melekat ke otak dan dapat menghubungkan dengan materi-materi yang lain. Sehingga daya ingat menjadi lebih tajam. Sebaliknya, sesuatu yang dihafalkan akan mudah sekali hilang seiring berjalannya waktu. 

4. Gunakan kata kunci
Kata kunci efektif untuk memberikan ingatan yang lebih tajam. Kata kunci yang melekat dapat dikembangkan menjadi banyak kalimat penjelasan ketika dijabarkan. Kata kunci dengan sendirinya membuat kita lebih paham apa isi materi pelajaran tersebut. 

5. Menulis
Ada sebagian orang yang lebih mudah mengingat apa yang dilakukan daripada sekedar mendengarkan. Oleh karena itu, tulislah apa yang ingin diingat sehingga jika ingin mengingatnya kembali, tinggal mengintipnya saja. Tulislah dengan bahasa kita sendiri sehingga mudah diingat kembali. 

Mengingat materi pelajaran adalah abgian dari pendukung kesuksesan seseorang. Dengan mudah mengingat materi pelajaran, kita lebih mudah untuk menceritakan kembali atau menjelaskannya pada orang lain. Sehingga ilmu yang kita dapat dari materi pelajaran tersebut dapat berguna bagi orang lain.
0 Komentar untuk "Cara Mudah Mengingat Materi Pelajaran"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top