Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Sehat Merawat Kuku

Pada prinsipnya kuku merupakan tulang berbentuk tipis yang tumbuh di ujung jari yang berfungsi sebagai pelindung jari-jari tersebut. Dengan adanya kuku, jari-jari tidak mudah terluka ketika bersentuhan atau terjadi kontak dengan benda lain. Selain itu, jari-jari kita merupakan tempat berbagai macam syaraf penting yang saling berkaitan. Begitu pentingnya fungsi kuku, maka sudah seharusnya jika kita merawatnya dengan baik.

Cara Sehat Merawat Kuku

Kuku manusia dapat tumbuh 0,5 hingga 1,5 mm dalam waktu seminggu tergantung pada suhu tubuh. Tidak hanya berfungsi penting sebagai pelindung, kuku juga memberikan efek kecantikan pada penampilan terutama bagi wanita. Nah, berikut ini beberapa cara sehat yang dapat dilakukan untuk merawat kuku. 

1. Bersihkan kuku
Perawatan dasar yang utama dan pertama adalah kebersihan kuku. Kebersihan kuku harus dirawat sama halnya dengan perawatan wajah atau rambut. Kebersihan kuku dapat menjadi indikator seseorang yang bersih atau tidak. Seperti apapun bentuk kukunya akan lebih terlihat bersih dan cantik jika bersih dari kotoran. 

2. Penuhi kebutuhan air putih
Kebutuhan air dalam tubuh sangat penting untuk menjaga kelembaban dan memperlancar segala sistem dalam tubuh. Tak terkecuali sehatnya kuku. Tubuh yang terpenuhi kebutuhan airnya akan membuat kuku terlihat tidak kering, kuat dan mengkilap. 

3. Konsumsi makanan berkalsium
Makanan yang mengandung kalsium berperan sebagai penguat tulang pada tubuh termasuk juga kuku. Mengkonsumsi minuman berkalsium seperti susu sapi atau susu kedelai bagus untuk pertumbuhan kuku. Selain itu, makanan seperti kacang-kacangan, alpukat, durian, juga baik dikonsumsi. 

4. Menggunakan belimbing wuluh
Belimbing wuluh dapat digunakan untuk merawat kecantikan kuku yang sudah dikenal sejak lama. Caranya pun cukup mudah. Dengan memotong belimbing wuluh kemudian menggosokannya ke seluruh bagian kuku secara sempurna. Setelah merata dan kotoran terangkat, bilas kuku dengan air bersih. Lakukan secara teratur sebelum tidur agar kuku menjadi sehat dan bersih berkilau. 

5. Memanfaatkan lidah buaya
Lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk memperkuat dan mengkilapkan kuku. Caranya dengan memotong lidah buaya dan menggunakan gel didalamnya untuk dioleskan pada kuku. Biarkan mengering kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. 

6. Putihkan dengan lemon atau jeruk nipis
Mungkin ada beberapa orang yang memiliki kuku berwarna kekuningan dan tidka cerah. Untuk memutihkan dan mencerahkan kuku tersebut Anda dapat menggunakan bantuan air lemon atau jeruk nipis. Caranya, potong lemon atau jeruk nipis, peras airnya. Kemudian campurkan air perasan tersebut dengan pasta gigi. Lalu oleskan ke seluruh bagian kuku. Tunggu beberapa saat hingga mengering. Selanjutnya bersihkan dengan air hangat. Dalam waktu 3 minggu kuku Anda akan berubah menjadi putih cerah dan sehat. 

Kuku yang sehat terawat mencerminkan kebersihan pemiliknya. Selain itu, penampilan Anda akan semakin cantik dan percaya diri. Lakukan perawatan dengan cara sehat sehingga tidak menimbulkan efek samping dikemudian hari. Hindari penggunaan bahan kimia berbahaya. 

0 Komentar untuk "Cara Sehat Merawat Kuku "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top