Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Praktis Mengatasi Kesemutan

Kita mungkin sering mengalami kesemutan ketika dalam aktivitas sehari-hari. Sebagian besar dari kita mengatasi kesemutan dengan mengabaikannya hingga hilang dengan sendirinya. Kesemutan memang bukan penyakit, tapi jika terlalu sering mengalaminya dalam waktu yang lama kita juga harus mewaspadainya. Bisa jadi hal tersebut merupakan indikasi penyakit yang lebih serius (baca: 'Waspada Penyakit Jika Sering Kesemutan').

Cara Praktis Mengatasi Kesemutan

Kesemutan sering terjadi karena adanya gangguan fungsi syaraf pada serabut syaraf bagian tubuh tertentu. Kesemutan yang bersifat sesaat biasanya timbul karena gangguan aliran darah, sedangkan kesemutan yang bertahan lebih lama karena adanya cedera pada syaraf, syaraf terjepit atau karena stroke. Selain mengatasi kesemutan dengan mengabaikannya, ada beberapa cara praktis yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kesemutan. Berikut beberapa cara tersebut. 

1. Posisikan dalam keadaan nyaman
Kesemutan sering terjadi pada tangan atau kaki. Biasanya karena posisi yang tertekan terlalu lama baik sengaja ataupun tidak sengaja. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah memposisikan dalam keadaan yang nyaman. 

2. Jentikkan jempol 
Jika terjadi pada tangan kiri, sebaiknya jentikkan jempol kaki kanan dengan sekuat tenaga. Lakukan pada jempol kaki kiri jika kesemutan pada tangan kanan. Hal ini akan membuat kesemutan lebih cepat hilang dan tidak menyiksa. Apabila kesemutan terjadi pada kaki, Anda juga dapat menjentikkan jempol tangan dengan kuat. 

3. Memijat perlahan
Anda juga bisa memperbaiki aliran darah pada bagian tubuh tersebut dengan memijat bagaian tubuh yang mengalami kesemutan. Bisa juga diiringi gerakan-gerakan kecil pada bagian tubuh tersebut. 

4. Vitamin B1, B6 dan B12
Kesemutan bisa juga terjadi karena kekurangan vitamin B1, B6 dan B12. Oleh karena itu, untuk mengembalikan fungsi syaraf bisa juga Anda mengkonsumsi vitamin-vitamin tersebut. 

5. Menghindari minuman beralkohol
Minuman beralkohol menyebabkan defisiensi vitamin. Kurangi dan hindari minuman beralkohol agar Anda tidak mudah mengalami kesemutan lagi. 

6. Konsumsi pisang dan kelapa muda
Pisang dan kelapa muda mengandung nutrisi yang melancarkan kerja syaraf. Oleh karena itu, ada anjuran untuk mengkonsumsi buah-buahan terutama kedua buah tersebut.

Kesemutan sesaat memang tidak berbahaya namun cukup mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Apalagi jika kita mengalaminya dalam intensitas yang sering dan lama. Selain mengganggu perlu juga diwaspadai adanya penyakit yang lebih serius. Oleh karena itu, cegah kesemutan dengan posisi yang baik dan benar, konsumsi vitamin B1, B6, B12 yang cukup, olahraga secara teratur dan melakukan gaya hidup sehat. 

0 Komentar untuk "Cara Praktis Mengatasi Kesemutan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top