Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Mudah Cegah Gangguan Pencernaan

Pencernaan merupakan salah satu sistem penting di dalam tubuh kita. Tubuh yang tidak memiliki pencernaan yang baik akan sangat rentan terkena serangan penyakit. Gangguan pencernaan biasanya ditandai dengan perut mual, kembung, kram, terasa penuh gas, atau perasaan kurang nyaman pada perut. Hal ini bisa dikarenakan terjadinya iritasi dinding lambung, luka pada saluran pencernaan atau terjadi gangguan pergerakan pada saluran cerna. Oleh karena itu, hendaknya menjaga kesehatan tubuh dimulai dengan melakukan pencegahan terhadap gangguan pencernaan. Ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah gangguan pencernaan, yaitu :

1. Pola makan sehat
Cara Mudah Cegah Gangguan Pencernaan


Pola makan yang sehat ialah kebiasaan makan teratur dengan cara yang benar. Makan secara teratur dapat membuat sistem pencernaan siap mencerna secara sempurna. Sebaliknya kebiasaan makan tidak teratur menyebabkan pencernaan kacau, produksi gas meningkat sehingga menyebabkan kembung. Selain itu, harus juga dibarengi dengan cara makan yang benar seperti mengunyah dengan baik, tidak terburu-buru, tidak terlalu banyak, dan dengan posisi duduk. Makanan yang dikunyah dengan baik akan memicu enzim pencernaan dalam jumlah cukup sehingga mudah dicerna. 

2. Asupan makanan dan minuman
Cara Mudah Cegah Gangguan Pencernaan

Asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi juga penting untuk diperhatikan. Konsumsi makanan berserat dan air putih dalam jumlah cukup untuk memperlancar pencernaan. Selain itu, hindari makanan dan minuman yang dapat mengganggu sistem pencernaan. Hindari juga makanan yang terlalu panas atau dingin, makanan terlalu pedas, makanan yang menimbulkan gas, dan juga minuman beralkohol, kopi serta rokok. 

3. Gaya hidup sehat
Cara Mudah Cegah Gangguan Pencernaan


Selain mengatur pola makan dan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi perlu juga dibarengi dengan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat yang dimaksud seperti olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan refreshing yang cukup untuk menghindari stres. Gaya hidup sehat membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan bersemangat dalam menjalani hidup. Sehingga pada akhirnya sistem pencernaan berjalan lebih lancar. 

Sistem pencernaan yang berjalan dengan baik akan membuat kita terhindar dari berbagai serangan penyakit. Sistem pencernaan adalah awal pintu masuk asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga jika pencernaan berjalan lancar maka asupan nutrisi pun akan terserap dengan baik. Oleh karena itu, mencegah gangguan pencernaan amatlah penting bagi tubuh kita. 

0 Komentar untuk "Cara Mudah Cegah Gangguan Pencernaan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top