Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Mencegah Munculnya Jerawat

Jerawat merupakan kondisi tersumbatnya pori-pori pada kulit sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat tumbuh karena beberapa faktor seperti produksi minyak berlebihan, bakteri, pengaruh kosmetik, obat-obatan dan hormon. Paling sering terjadi jerawat muncul akibat perubahan hormonal dalam tubuh seperti pada masa pubertas, menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres. 

Cara Mencegah Munculnya Jerawat

Jerawat pada wajah menyebabkan kurangnya percaya diri dan menurunnya kebersihan wajah. Oleh karena itu, mencegah munculnya jerawat adalah sesuati yang harus diwaspadai dan segera dilakukan. Ada banyak cara mencegah munculnya jerawat di wajah. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan. 

  1. Cuci Wajah
  2. Rajinlah membersihkan wajah dengan mencucinya dua kali sehari dengan air hangat dan sabun yang sesuai dengan kulit. Pijat dengan lembut agar tak terjadi iritasi.
  3. Gunakan Lotion Wajah
  4. Setelah mencuci muka hingga bersih, gunakan lotion wajah yang mengandung benzoyl peroxide untuk mengurangi minyak dan bakteri.
  5. Hindari Menyentuh Wajah
  6. Meskipun sangat ingin, sebaiknya hindari gerakan menyentuh wajah secara langsung sebelum membersihkannya terlebih dahulu. Hal ini untuk mengantisipasi bakteri menempel pada kulit wajah.
  7. Jangan Memencet Jerawat
  8. Jika Anda memiliki jerawat sebaiknya jangan memencet jerawat agar tak menimbulkan infeksi yang lebih luas lagi.
  9. Hapus Make Up 
  10. Hapus make up sebelum tidur dan bersihkan agar kulit wajah dapat bernafas secara sempurna. Gunakan make up berlabel “noncomedogenic” atau “nonacnegenic”.
  11. Lindungi Kulit Wajah
  12. Lindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari dan polusi. Kotoran yang menempel dapat mengakibatkan jerawat bermunculan.
  13. Jauhi Stress
  14. Hindari stress karena perubahan hormonalnya dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Gunakan waktu Anda untuk refreshing jika Anda agar pikiran segar kembali.
  15. Olahraga
  16. Olahraga secara teratur tidak hanya membuat tubuh bugar, kulit kencang namun juga menghindari munculnya jerawat.

Jerawat lebih mudah muncul pada kulit berminyak. Oleh karena itu, kenali dengan baik jenis kulit Anda agar Anda dapat memilih produk kecantikan dan perawatan yang sesuai. Hal ini penting terutama bagi kaum wanita yang sering menggunakan krim untuk mempercantik wajah. Jangan lupa juga diimbangi dengan olahraga dan istirahat yang teratur. Kulit sehat bebas jerawat. 

0 Komentar untuk "Cara Mencegah Munculnya Jerawat"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top