Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Anak

Radang tenggorokan adalah peradangan yang pada bagian belakang tenggorokan (faring). Dalam dunia medis radang tenggorkoan bisa disebut juga dengan faringitis. Radang tenggorokan tidak hanya dapat terjadi pada orang dewasa namun juga kerap terjadi pada anak-anak. Radang tenggorokan mengakibatkan rasa sakit tenggorokan, rasa sakit saat menelan, baik menelan ldah maupun menelan makanan atau minuman. Radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus, infeksi bakteri, alergi, kekeringan dan iritasi. 

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Anak

Radang tenggorokan yang terjadi pada anak dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, demam, tonsil membengkak dan bisa juga disertai batuk pilek. Radang tenggorokan pada anak akan membuatnya tersiksa dan sekligus mengganggu aktivitas hariannya. Oleh karena itu, sebaiknya ketika anak mengalami gejala radang tenggorokan kita harus segera mengatasinya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak seperti berikut ini. 

1. Kontrol Makanan
Langkah pertama yaitu kita harus mengontrol makanan yang dikonsumsi anak. Hindari makanan berminyak, berbahan kimia atau minuman dingin terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar radang tenggorokan tidak bertambah parah dan lebih cepat sembuh. Selain itu, Anda juga dapat memberikan makanan yang bertekstur lembuh dahulu agar lebih mudah dimakan dan mengurangi rasa sakit saat ditelan. 

2. Berikan Vitamin C
Vitamin C dapat diberikan melalui buah-buahan atau sayuran yang kaya vitamin C atau dengan kapsul vitamin C yang mudah didapat. Hal ini dimaksudkan agar daya tahan tubuh anak yang belum sempurna lebih kuat. Sehingga efektif untuk melawan infeksi yang menyerang.

3. Berkumur Air Garam Hangat
Air putih hangat dapat membuat anak merasa lebih nyaman. Anda juga dapat menambahkan garam pada air putih tersebut untuk digunakan sebagai obat kumur. Berkumur dengan air garam dapat mengencerkan dahak dan melegakan tenggorokan anak.

4. Minum Teh Hangat
Teh mengandung antioksidan yang dapat melawan infeksi virus dan bakteri. Anda dapat menambahkan lemon dan madu agar lebih nikmat dan meredakan tenggorokan lebih cepat. 

5. Jus Lemon dan Madu
Selain bisa ditambahkan pada teh, lemon dan madu dapat juga dibuat menjadi jus yang disukai anak. Madu dapat melegakan tenggorokan dan mengurangi batuk, sedangkan lemon berkhasiat untuk mengeringkan dahak. 

6. Perbanyak Minum dan Istirahat
Dalam kondisi radang tenggorokan pastikan asupan air anak tercukupi. Hal ini agar selaput mukosa pada tenggorokan selalu lembab dan efektif melawan virus dan bakteri. Minum yang diberikan tidah harus air putih namun bisa juga berupa jus yang disukai anak. Untuk mempercepat penyembuhan, perbanyak istirahat pada anak, agar anak tidak banyak berbicara dan berteriak terlebih dahulu. 

Jika radang tenggorokan tidak kunjung sembuh dan anak mengalami demam, sebaiknya segera periksakan ke dokter terdekat. Sebagai langkah antisipasi selanjutnya jaga kebersihan anak saat bermain, ajarkan mencuci tangan dengan benar, dan hindari paparan debu atau rokok.

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Anak"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top