Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Mengatasi Telinga Berdengung Dengan Herbal

Telinga berdengung merupakan salah satu gangguan telinga berupa suara berdenging, atau berdengung tanpa adanya sumber dari luar. Telinga berdengung tentu mengganggu aktivitas pendengaran kita sehari-hari. Jika telinga berdengung hanya sebentar dan sementara mungkin Anda tidak akan terganggu. Namun, jika telinga sering berdengung dan terjadi dalam waktu yang lama Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter terdekat atau mengatasinya dengan pengobatan.

Cara Mengatasi Telinga Berdengung Dengan Herbal

Telinga berdengung biasanya disebabkan oleh penurunan fungsi karena faktor usia, akibat mendengarkan suara yang terlalu keras, kotoran yang menumpuk, pengaruh obat-obatan, gangguan gendang telinga,  perubahan tekanan, cedera akibat benturan stres dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami telinga berdengung maka Anda dapat mencoba mengatasinya dengan cara berikut ini.

1. Atasi Penyebabnya
Sebelumnya Anda harus mengetahui dulu apa yang menyebabkan telinga berdengung. Ingat kembali apa yang terjadi pada diri Anda. Jika Anda telah menemukannya selanjutnya segera atasi penyebab tersebut. Misalnya :
  • Jika Anda sudah terlalu lama tidak membersihkan kotoran pada telinga bisa jadi hal tersebut merupakan penyebabya. Segera bersihkan dengan cutton bud yang halus secara perlahan. 
  • Apabila Anda dalam kondisi stres dan depresi maka segera atasi dengan refreshing atau melakukan hal yang menyenangkan untuk Anda. Selanjutnya kelola stres.
  • Kebiasaan sering mendengar musik dengan suara yang keras juga dapat menjadi penyebab telinga berdengung. Hilangkan kebiasaan tersebut. Gunakan headset dengan volume yang sedang saja. 
  • Hindari bahan makanan atau minuman yang memperburuk telinga berdengung, seperti makanan bergaram tinggi, minuman berkafein, nikotin maupun alkohol.
2. Gunakan Herbal
Langkah selanjutnya Anda dapat menggunakan ramuan herbal untuk meringankan dan mengatasi telinga berdengung. Berikut ini beberapa ramuan herbal yang dapat membantu Anda.
  • Ramuan I
  • Rebus 10 gr sambiloto, 15 gr daun dewa dan daun pegagan kering, dan 10 butir biji teratai dengan air sebanyak 700 cc. Rebus hingga air tersisa sekitar 300 cc. Kemudian saring dan minum airnya sebanyak 2 kali sehari.
  • Ramuan 2
  • Blender 30 gr buah murbei yang kering, 60 gr buah murbei yang segar, dan 3 buah daging manggis hingga menjadi jus. Lalu minumlah jus tersebut saat telinga berdengung.
3. Konsultasikan ke Dokter
Jika dengan mengkonsumsi herbal dan mengatasi penyebabnya Anda masih sering berdengung dalam waktu yang lama maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter terdekat. Dokter akan memberikan saran terbaik dan resep obat.

Telinga berdengung merupakan gangguan yang harus segera diatasi agar aktivitas tidak terganggu. Selain itu, selanjutnya Anda harus menghidari penyebabnya agar tidak terjadi lagi dikemudian hari. Lakukan gaya hidup sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Telinga Berdengung Dengan Herbal "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top