Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Menata Ruang Agar Terlihat Luas

Setiap orang pasti ingin rumahnya terlihat luas dan rapi. Karena berapapun luasukuran rumah Anda, jika tidak ditata dengan apik dan rapi maka rumah tersebut akan terlihat sempit. Padahal, setiap hari secara tidak sadar kita selalu menambah isi rumah kita. Entah dengan perabot baru, atau dengan barang-barang yang jarang atau sudah tidak digunakan lagi. Oleh karena itu, kepintaran kita dalam menata ruang menjadi kunci sukses agar rumah terlihat luas. 

Nah, berikut ini beberapa cara menata ruang agar terlihat luas.

1. Atap tinggi
Jika ruangan terbatas luasnya maka buatlah desain atap untuk rumah mungil anda lebih tinggi agar dapat memberi kesan ruang lebih lega karena adanya cukup ruang ke atas

2. Hindari penggunaan sekat
Penggunaan sekat sebagai pemisah antar ruangan hanya akan memberikan kesan semakin sempit. Jika perlu untuk menggunakan sekat, pilihlah sekat yang tidak bersifat permanen agar bisa disingkirkan kapanpun. Namun sebaiknya kam mengurangi penggunaan sekat jika tidak diperlukan. Dengan rumah yang sempit, antara ruang tamu dengan ruang keluarga tidak perlu diberi sekat, karena pada dasarnya fungsi kedua ruangan tersebut adalah sebagai tempat berkumpul dan berbincang-bincang. Hal yang sama berlaku pula antara dapur dengan ruang makan.

3. Cahaya yang cukup
Ruangan yang terang dapat menjadi salah satu cara agar ruangan lebih terlihat luas. Cahaya yang cukup dan tertata pada ruangan juga bisa mempengaruhi kesan keseluruhan pada ruangan tersebut. Jadi sangat disarankan agar Anda berinvestasi untuk menata pencahayaan pada ruangan Anda.

4. Warna ringan
Kamu bisa menciptakan kesan lebih lega dan luas pada ruangan rumahmu dengan pemilihan warna yang tepat serta kesesuaian antara warna cat dinding dengan warna furniture. Pilihlah warna cat yang ringan dan netral seperti putih, kuning gading, krim yang bisa dicocokkan dengan semua warna. Dengan begitu, kamu bisa lebih bebas dalam memilih warna furniture.

5. Hindari cat rumah berwarna putih
Masyarakat luas banyak yang beranggapan bahwa dengan memberikan cat rumah berwarna putih akan membuat rumah tampak sejuk dan luas, padahal banyak para desainer interior mengatakan bahwa cat yang putih jika tidak tepat penggunaan justru membuat kesan ruangan lebih terlihat sempit. Seorang desainer interior menjelaskan bahwa jika penerangan yang ada pada rumah anda redup dan dinding anda berwarna putih maka akan ada suatu bayangan yang menyebabkan ruangan anda terlihat suram dan kotor. Jadi banyak saran yang mengatakan untuk lebih menggunakan cat dinding berwarna lain supaya bayangannya sejelas cat putih dan itulah yang membuat rumah terlihat lebih besar dan suasanya lebih nyaman. Pada rumah kecil, saya sarankan penerangan yang cukup, jangan sampai suram, karena akan membuat ruangan terasa kecil.

6. Jendela besar
Agar pandangan lebih luas, dapat menggunakan jendela ukuran besar pada bagian depan rumah. Dengan demikian, penghuni rumah dapat melihat area yang luas di luar rumah dengan mudah seperti taman atau jalan karena akan memberi kesan luas

7. Cermin atau kaca
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika adanya cermin didalam ruangan akan dapat membuka ruang baru, cermin juga digunakan sebagai pemantul cahaya lampu jadi cahaya yang alami akan dihasilkan oleh adanya cermin tersebut. Untuk mendapatkan ruangan yang baru didalam ruang yang sangat kecil anda bisa meletakkan cermin yang besar pada sudut ruangan atau bisa juga pada belakang satu furnitur.

8. Ruangan Multi Fungsi
Untuk menyiasati rumah agar dapat memenuhi fungsi yang ada, jadikan sebuah ruangan menjadi multi fungsi. Misalnya, ruangan tamu yang juga berfungsi menjadi ruang keluarga. Hal ini akan membuat ruangan lebih besar jika dilakukan penggabungan beberapa ruangan sekaligus

9. Manfaatkan Ruang Kosong
Kunci menata rumah mungil yang memiliki keterbatasan lahan adalah efisiensi ruang, dengan memaksimalkan luas ruang agar dapat dimanfaatkan dengan baik dan terencana. Cermati ruangan-ruangan yang kosong di dalam rumah dengan memanfaatkan rungan tersebut untuk meletakkan barang, misalnya area di bawah tangga, biasanya kosong. Tetapi dapat diletakkan berbagai perlengkapan dan perkakas di area bawah tangga. Kunci menata rumah mungil yang memiliki keterbatasan lahan adalah efisiensi ruang, dengan memaksimalkan luas ruang agar dapat dimanfaatkan dengan baik dan terencana. Cermati ruangan-ruangan yang kosong di dalam rumah dengan memanfaatkan rungan tersebut untuk meletakkan barang

10. Manfaatkan Ruang Terbuka
Adanya ruang terbuka memberikan penerangan maksimal ke dalam rumah dan sirkulasi udara dapat mengalir dengan baik. Masuknya pencahayaan alami (sinar matahari) ke dalam rumah akan membuat ruangan lebih terang sehingga akan terlihat lebih lapang.

11. Perabotan Pemantul Cahaya
Jika anda tidak suka akan adanya cermin besar pada rumah anda, anda dapat menggunakan furnitur atau perabotan rumah tangga yang bisa juga merefleksikan objek ataupun cahaya didepan furnitur tersebut. Perlengkapan rumah berjenis vas bunga yang berbahan stainless steel atau pajangan alumunium juga bisa membuat efek yang sama yaitu sebagai pembuka ruang baru. Dengan adanya cahaya yang cukup pada ruangan itu adalah kunci utama agar ruangan terlihat lebih terang dan juga terkesan besar. anda bisa menggunakan benda yang permukaannya dapat merefleksikan objek contohnya seperti gelas atau kaca. Benda - Benda tersebut tidak hanya merefleksikan objek dan cahaya namun bisa juga membuat ruangan anda terlihat lebih ringan.

12. Perhatikan pengecatan langit-langit
Banyak yang menyarankan untuk mengecat langit - langit dengan warna yang sama atau bisa juga warna yang lebih terang satu tingkat dari dinding rumah. Jika cat warna dinding dan langit - langit anda terlalu kontras maka ruangan akan nampak seperti terbelah.

13. Penempatan furnitur besar
Lebih baik anda meletakkan furniture yang besar tapi satu berada di rumah anda karena akan terlihat lebih luas daripada anda harus meletakkan furnitur yang kecil - kecil tapi banyak. Satu karpet besar, satu lampu gantung besar dan bahkan dengan satu cermin besar akan membuat ruangan dalam rumah anda terlihat lebih luas daripada perabotan yang berukuran kecil. semakin sedikit perabotan yang ada pada rumah anda akan lebih baik dan anda juga tidak perlu susah payah jika bosan ingin mengganti desain rumah karena perabotannya jumlahnya cuma sedikit.

14. Gambar lukisan yang besar
Jika ada tamu yang sedang bertamu pada rumah anda buatlah mereka fokus pada satu titik yang cukup menonjol. anda bisa meletakkan lukisan yang besar dengan gambar yang indah dan unik karena dengan begitu akan mengalihkan perhatian tamu yang berkunjung terhadap keadaan rumah anda yang sempit sekaligus dapat membuat ruangan lebih menarik

15. Memasang wallpaper
Rumah yang sempit bukan berarti tidak bisa terlihat seperti rumah mewah. Pemasangan wallpaper akan membuat rumah kamu yang sederhana terkesan lebih mewah. Wallpaper dengan warna cerah dan corak yang sederhana seperti dedaunan dan garis-garis mendatar merupakan pilihan tepat untuk menghiasi dinding rumah dengan keterbatasan luas ruangan. Hindari wallpaper dengan motif yang besar dan penuh karena hanya akan membuat ruangan terlihat semakin sempit.

16. Karpet tanpa corak
Jika kamu ingin melapisi lantai rumah dengan menggunakan karpet, sebaiknya pilih karpet tanpa corak dan dengan warna-warna yang solid seperti hitam. Hal tersebut akan membuat lantai dan ruangan rumah terkesan lebih lapang dan luas.

17. Pemilihan aksesoris
Memang tidak ada salah untuk menambahkan hiasan-hiasan untuk mempercantik tampilan ruangan. Namun untuk rumah berukuran sempit, kamu harus pintar dalam memilih aksesoris yang akan kamu pajang. Usahakan jangan terlalu banyak menambahkan hiasan dan hindari hiasan dengan terlalu banyak detail. Misalnya saat ingin memajang lukisan, pilihlah lukisan dengan frame yang sederhana dan polos, tanpa adanya ukiran.

Penambahan lampu hias dan bunga hidup pada ruangan yang sempit juga dapat memberi kesan lebih hidup dan lega. Bunga akan memberi kesan segar pada ruangan dan paling tepat diletakkan di sudut-sudut ruangan agar tidak membatasi ruang gerak. Sementara untuk lampu hias, pilihlah lampu yang memancarkan sinar warna putih. Sinar putih tersebut akan memberi kesan anggun dan damai pada ruangan-ruangan di rumah kamu.

18. Rak dinding atau bertingkat
Daripada menggunakan lemari biasa untuk menyimpan benda-benda seperti pajangan, tas dan buku, lebih baik gunakan rak dinding atau rak bertingkat. Kedua jenis rak tersebut tertentunya tidak memakan banyak space seperti lemari. Selain menghemat pengguaan ruangan, rak dinding dan rak bertingkat cenderung lebih mudah dipindahkan sehingga kamu bisa dengan mudah memindahkannya saat diperlukan.

19. Buat lantai dan perabot terlihat ringan
Pilih warna yang terang dan terkesan ringan untuk lantai dan perabot. Contoh warna yang bisa digunakan warna putih, coklat muda, hijau muda, biru muda, dan lainnya. Anda bisa menambahkan warna cerah yang lain pada aksesoris ruang.

20. Tambahkan garis-garis vertikal
Garis-garis vertikal pada dinding bisa membuat efek ruangan terlihat tinggi. Tidak perlu membuat seluruh dinding bergaris vertikal, cukup berikan sedikit saja garis vertikal seperti contoh di bawah ini. Ilusi ruangan dengan plafond yang tinggi sudah bisa tercipta. 

21. Pilih furnitur dengan tepat
Furnitur multifungsi
Pergunakan perabot seminimal mungkin, pilihan paling tepat adalah menggunakan furnitur dengan fungsi ganda. Perabot dengan fungsi ganda akan membuat ruangan Anda terasa lapang tapi semua benda tetap mempunyai tempatnya sendiri-sendiri.

Furniture nada warna sama 
Memilih furniture seperti kursi, meja atau rak harus disesuaikan dengan desain rumah mungilnya. Karena terbatasnya besar ruangan, maka pilihlah furniture yang simpel dan dalam ukuran yang kecil. Lalu cobalah pilih furnitur dengan warna yang menyerupai warna cat rumah Anda. Selain menghemat tempat, ini juga dapat membuat kesesuaian yang baik dengan ukuran ruangan. Warna yang menyerupai cat tembok akan membuat kesan lebih luas.

Furniture minim ornamen
Pilihlah meja, sofa dan kursi dengan desain yang ramping dan sleek, dalam artian tidak memiliki terlalu banyak ornamen, detail dan ukiran. Furniture dengan tampilan yang sederhana akan membuat ruangan terlihat lebih luas dan menyisakan ruang untuk meletakkan benda lain di atasnya. Furniture bertema klasik juga sangat cocok untuk rumah yang minimalis. Biasanya furniture klasik terbuat dari bahan metal, dimana bahan ini akan membuat ruangan yang kecil terkesan lebih luas.

Batasi jumlah furniture
Terlalu banyak furniture juga akan membuat rumah kamu terlihat semakin penuh dan sempit, serta membuat ruang gerak menjadi terbatas. Oleh karena itu, pilihlah furniture yang benar-benar terpakai dan mana yang tidak. Untuk furniture yang tidak terpakai, kamu bisa menyimpannya digudang atau bisa dijual kembali. Dengan begitu, ruangan-ruangan di rumahmu akan terlihat lebih lapang dan lebar.

2 Komentar untuk "Cara Menata Ruang Agar Terlihat Luas"

ok,, thank untuk tipsnya .. bagus

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top