Berbagi Cara, Berbagi Rasa

Berisi tentang cara-cara melakukan sesuatu dengan tips dan triknya.

Cara Hilangkan Kantuk Di Tempat Kerja

Pada dasarnya rasa kantuk merupakan rasa alamiah bagi setiap orang. Rasa kantuk adalah sinyal bagi tubuh untuk beristirahat. Bisa jadi karena jatah normal tidur kita 8 jam belum terpenuhi dengan maksimal. Bisa juga karena tidur yang kita lakukan semalam tidak berkualitas sehingga tubuh merasa tidak bugar untuk beraktivitas.

Cara Hilangkan Kantuk Di Tempat Kerja

Namun, merasa ngantuk di tempat kerja bukanlah hal yang diinginkan. Di tempat kerja kita ingin agar waktu kita digunakan secara produktif untuk bekerja. Rasa kantuk merupakan gangguan yang harus dihilangkan. Setidaknya ditunda hingga pulang kerja nantinya. 

Nah, untuk menghilangkan rasa kantuk tersebut berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Menghirup Udara Luar
Rasa kantuk seringkali disebabkan oleh kebosanan akan aktivitas di dalam ruangan. Sehingga asupan oksigen di dalam otak berkurang. Menghirup udara luar sambil berjalan sejenak dapat mengembalikan kesegaran mata dan menghilangkan kantuk dengan cepat. 
2. Membasuh Muka
Membasuh muka dapat mengembalikan kesegaran Anda. Percikan air ke muka membuat mata kembali terbuka lebar.

3. Minum Air Putih Segar
Rasa kantuk juga bisa disebabkan  dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh. Minum air putih dapat mengembalikan cairan Anda dalam kondisi normal. Usahakan untuk minum air putih kurang lebih 8 gelas perhari untuk menghindari rasa kantuk. 

4. Minum Kopi atau Teh
Kopi atau teh mengandung kafein yang bisa mengembalikan kesegaran tubuh. Kafein memacu sirkulasi darah lebih cepat sehingga tubuh merasa bergairah melakukan aktivitas. 
5. Ngemil
Tak ada salahnya mengalihkan perhatian Anda dari rasa kantuk dengan makan camilan sehat. Camilan sehat bukanlah makanan berat atau camilan dengan rasa manis. Ngemil buah-buahan atau rujak buah pedas lebih dianjurkan untuk menghilangkan rasa kantuk.

6. Olahraga Ringan
Menggerakkan badan dengan olahraga ringan juga efektif menghilangkan kantuk. Tak perlu jauh-jauh, cukup lakukan beberapa gerakan di ruang kerja Anda. Dalam kehidupan sehari-hari, membiasakan olahraga seperti jogging setiap pagi juga membantu mengurangi rasa kantuk saat kerja.

baca juga : Cara Membiasakan Diri Rajin Olahraga

7. Hindari Makan Daging 
Makan daging saat makan siang dapat memperparah rasa kantuk saat kembali bekerja. Daging akan membuat pencernaan mengolah dengan tenaga ekstra. Akibatnya, rasa kantuk akan lebih cepat mendera ketika akan memulai aktivitas. 
Rasa kantuk di tempat kerja bukan hal yang kita inginkan. Oleh sebab itu, menyingkirkan rasa kantuk dengan cepat harus kita lakukan. Beberapa cara diatas dapat membantu kita menghilangkan rasa kantut di tempat kerja dengan cepat. Selamat mencoba. 

1 Komentar untuk "Cara Hilangkan Kantuk Di Tempat Kerja"

Kantuk yang datang saat bekerja memang sangat mengganggu.. cara2 di atas sangat ampuh untuk mengatasi rasa kantuk tersebut.. terima kasih atas informasinya

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top